Senin, 04 Juli 2016

PENGERTIAN MANGA

Masih melanjutkan penjelasan tentang genre dalam manga yang begitu banyak yang ada, dimana dalam blog sebelumnya, mengerti genre buku , dimana saya baru menjelaskan tiga jenis genre dari manga yang ada.  Untuk kelanjutannya ada :

Keempat, untuk yang biasa di sebut Josei manga, dimana manga ini diperuntukan bagi wanita dewasa, dengan alur cerita yang lebih berat dan rumit, serta mungkin percintaan di dalamnya agak sedikit lebih banyak adegan romantisnya, beberapa manga yang saya tahu masuk dalam genre ini yakni fushigi yuugi, Today the Love Begin, dan ada pula manga for you in full blossom yang mungkin lebih di kenal dengan nama manga jepangnya yakni Hana Kimi (singkatan dari Hanazakari no Kimitachi e), bahkan untuk filmnya sendiri ketiga buku yang saya tuliskan ini sudah di tayangkan versi manusia aslinya lho teman. Jadi buat yang kurang hobi baca bisa langsung aja nonton filmnya kok.


Kelima ada manga kodomo, dimana kadang untuk jepang sendiri manga ini banyak di gemari anak kecil dan di Indonesia justru malah di gemari remaja atau bahkan orang dewasa pekerja karna jenis manga yang ringan sekali. Biasanya dengan mengangkat tokoh utama anak kecil mau itu pria atau wanita, contoh manga kodomo ini seperti doraemon, yotsuba&!, Miiko.

Nah untuk yang ke enam ada mecha manga, dimana mecha disini diambil dari kata mechanic, selalu ada jenis seperti ini yang membuat para penggemarnya menggila, cerita tidak jauh ke arah robot dan petualangan seperti Gundam, Full Metal Panic Artemis. Memang dari segi cerita lebih ke fiksi sih, namun untuk full metal panic sendiri ada beberapa jenis, jadi jangan salah yaa. Kalau full metal panic fummoffu cerita yang lebih ringan dan penuh dengan kekocakan, beda dengan full metal panic biasa atau yang artemis tersebut.

Ada pula genre yang ketujuh, yakni jenis manga jidaegeki, ini merupakan manga yang berat dan biasanya manga ini mengambil latar belakang masa lalu di Jepang atau menceritakan sejarah. Contoh untuk komik yang di publish di Indonesia sih ada Samurai X, Shanao Yoshitsune Genpei War, dan mungkin Kagetora.
Terakhir-akhir ini tidak banyak komik yang di terbitkan dengan genre jideageki tersebut.



Nah mungkin untuk kali ini sekian saya memberikan keterangan tentang genre yang ada di Indonesia ya, besok saya coba beri beberapa genre lagi, dimana genre tersebut kebanyakan tidak dapat di terbitkan di Indonesia menyangkut beberapa hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar