Selasa, 12 Juli 2016

ISTILAH DALAM ANIME DAN MANGA

Ada pula beberapa pengertian dari kata-kata para pecinta anime dan manga yang biasa mereka sebutkan, berikut saya beri sedikit pengertian dan cara bacanya bagi yang tidak terbiasa membacanya atau tidak pernah mendengarnya yah. Semoga bermanfaat :

Manga : merupakan komik atau cerita bergambar dalam bahasa Jepang, diluar Jepang kata tersebut biasanya digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.
Mangaka : Yakni adalah orang yang menggambar manga tersebut, kadang bila di Indonesia kita juga menyebutnya sebagai komikus. Baik yang menggambar maupun menyusun ide cerita adalah mangaka.
Otaku : Adalah sebutan untuk orang-orang yang freak atau menggilai hal-hal yang berhubungan erat dengan anime, karakternya dan lain sebagainya, bahkan dalam hal ini bukan hanya anime saja tetapi juga manga dan game.
Lolicon : Biasanya ini untuk menggambarkan seorang pria dewasa yang menyukai atau mencintai gadis kecil yang masih di bawah umur
Shotacon : Biasanya ini untuk menggambarkan seorang wanita dewasa yang menyukai atau mencintai bocah laki-laki yang masih di bawah umur, yah ini kebalika dari lolicon sih sebenarnya.
OAV/OVA : Atau sebenarnya singkatan dari Original Video Animation, dimana format dari anime yang tidak ditayangkan di TV, yaitu dalam format video yang dijual bebas di pasaran, misal seperti detektif conan yang banyak sekali serialnya, tentu kalian tahu kan, nah seri ova biasanya hanya penayangan selama kurang lebih satu setengah hingga dua jam saja. Mencakup satu judul cerita di dalamnya.
SD : yang jelas pengertiannya bukanlah Sekolah Dasar kan, melainkan Super Deformed. Dimana istilah ini yang biasa digunakan dalam penggambaran karakter anime/manga dengan size kerdil, tetapi walau kerdil proporsi tubuhnya tetap pas kok.
Chibi : berbeda dengan SD. Untuk istilah chibi ini biasanya gambaran karakter yang lebih mendekati kesan imut-imut. Sebenarnya untuk segi gambar perbedaannya hampir tidak kelihatan bila dibandingkan dengan SD. Pada karakter chibi proporsi ukuran kepala akan di buat lebih besar dibandingkan dengan body-nya. Dan biasanya digunakan untuk adegan Joke.
Tankoubon : istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebutkan terbitan manga dalam bentuk monograf.
Seiyuu : dalam bahasa Indonesia disebut pengisi suara atau biasa disebut dubber laah ya seperti yang biasa di mainkan di Film-film dari Disney.
Ero : singkatan dari erotis, atau semua hal-hal yang berbau mesum atau agak vulgar ke arah sex.

Sebenarnya masih ada juga istilah yang biasa di sebut seperti 'dere dere', coba bila kalian mungkin penasaran buka link berikut, Masih dere dere.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar